Pelajaran Milyader Kepada Anak

 Pelajaran Milyader Kepada Anak

PELAJARAN MILYADER KEPADA SANG ANAK

Penulis dan miliarder Steve Siebold telah menghabiskan waktu panjang untuk mewawancarai lebih dari 1.200 miliarder dan jutawan tentang apa yang mereka ajarkan kepada anak-anak tentang sukses dalam perihal keuangan. Dalam buku terbarunya, Secrets Self-Made Millionaires Teach Their Kids, dia mengungkap jawaban atas pertanyaan itu. Ternyata, semakin cepat seseorang membuat anaknya berpikiran seperti orang kaya, semakin baik mereka ke depannya. Pelajaran Milyader Kepada Anak 

PELAJARAN MILYADER KEPADA SANG ANAK

Berikut, 14 hal yang diajarkan para miliarder kepada anaknya.

1. Sukses Tidak Gratis

Menjadi kaya dan sukses butuh perjuangan. Anak harus ingat menjadi independen secara finansial membutuhkan perjuangan sepanjang hidup. Akan ada pengorbanan terhadap waktu, seperti jam tidur dan bersantai, untuk bisa mendapat hal luar biasa.

“Itu tidak akan indah dan menyenangkan. Saat teman-temanmu sedang bersenang-senang, namun kamu sedang bekerja,” sebut Siebold seperti dikutip CNBC.

2. Pecahkan Masalah

Orang kaya paham kalau uang muncul dari adanya ide dan pemecahan masalah. Siebold mengatakan anak harus sadar bila ingin kaya, pecahkan masalah.

“Kalau ingin menjadi lebih kaya, pecahkan masalah yang lebih besar,” tulisnya.

3. Yakin

Orang-orang kaya memiliki ekspektasi tinggi. Siebold menulis hampir tiap orang kaya yang dia wawancara selama 30 tahun mengatakan orang tersebut berekspektasi untuk menjadi kaya. Dia menulis pula, beritahu anak untuk jangan takut untuk berekspektasi tinggi.

“Ekspektasimu akan mempercepat proses dan membuatmu konsisten,” tulis Siebold. Baca juga artikel lainya

4. Berada di Sekeliling Orang-Orang Sukses

Dengan siapa kamu berada akan berpengaruh. Siebold menulis, ingatkan anak bahwa memiliki teman kaya itu penting.

“Pengaruh atas tingkat kesadaran mengenai segala sesuatu yang menyangkut harta mereka secara dramatis memperluas cara anak berpikir,” kata Siebold.

5. Cintai Pekerjaan

Karir seseorang akan sangat berpengaruh pada cara pandang terhadap kehidupan, maka dari itu pilih jalur karir secara hati-hati.

“Sulit untuk menginvestasi waktu dan tenaga untuk profesi yang membuatmu bosan atau memberi arti kecil terlepas bicara keuangan,” kata Siebold.

Sarankan anak untuk bangun tiap pagi dengan semangat untuk pergi bekerja adalah formula untuk kaya raya, kepuasan emosional, dan kepuasan hidup.

6. Uang Menyelesaikan Hampir Semua Masalah

Orang kaya tak ragu mengaku kalau uang menyelesaikan hampir seluruh masalah. Siebold mengatakan, beritahu anak kalau menjadi tidak lantas membuat bahagia, tapi kaya akan menyelesaikan 90% masalah hidup.

“Kalau kamu punya masalah, dan bisa menghapusnya dengan menuliskan cek, berarti tidak ada masalah. Dapatkan uang dengan menyelesaikan masalah, dan kamu akan cukup kaya untuk membuat masalahmu pergi,” tulis Siebold.

7. Investasi

“Orang kaya adalah investor, bukan pemboros,” kata Siebold. Ingatkan anak dengan berinvestasi saat ini, agar dapat memilikinya esok.

Menjadi investor sukses, membutuhkan pemahaman dan minat. “Bila kamu suka main gitar, mungkin kamu bisa belajar saham gitar lawas. Kalau kamu suka membedah saham, kamu bisa mempelajari pasar saham.

8. Pintar Mengatur Pengeluaran

Seberapa besar gaji seseorang, sulit untuk kaya bila tidak disiplin. “Pengeluaran besar bisa menghancurkanmu,” kata Siebold.

Ingatkan anak untuk tidak mengeluarkan uang lebih besar dari kemampuan karena bisa membuat mereka berputar-putar di antara memiliki dan tidak memiliki uang.

9. Pantas untuk Menjadi Orang Kaya

Beritahu anak kalau mereka layak untuk menjadi orang kaya. Hal tersebut menjadi pegangan banyak orang kaya. Siebold mengatakan kebanyakan orang berpikir, menjadi kaya hanya untuk sedikit orang yang beruntung.

“Percayalah, saat kamu sudah kaya, kau akan sadar kalau kau layak mendapatkannya,” tulis Siebold.

10. Uang dan Kesempatan Itu Terbatas

Pada akhirnya bila mendapat uang hanya berdasar pada menyelesaikan masalah, jumlah masalah itu sendiri tidak terhingga, maka dari itu kemampuan seseorang untuk mendapat uang tidaklah terbatas.

“Jangan percaya pandangan umum kalau uang adalah hal langka. Kenyataanya, tidak. Yang langka adalah orang dengan solusi yang orang lain inginkan, itu yang dibutuhkan untuk paham,” ungkap Siebold.

11. Pilih Kemakmuran Dibanding Hiburan

Orang kaya menghabiskan waktu dengan cara berbeda dari orang biasa. Siebold mengatakan, “Kebanyakan orang menghabiskan waktu, ketika yang lain berinvestasi pada waktu.”

Anak harus diingatkan bila waktu hanya dihabiskan untuk bersenang-senang, dia akan kesulitan dalam hidupnya secara keuangan.

12. Fokus Pada Pendapatan

Cara tercepat untuk kaya adalah mendapatkan pendapatan dari beberapa hal. Luaskan pandangan atas ketika memikirkan mencari pendapatan.

“Fokus yang tertotal pada uang akan membawa seseorang untuk melakukan apapun untuk mendapatkannya, jadi saya tidak menyarankan itu,” kata Siebold.

Lebih baik, tentukan hal yang tepat dengan talenta dan minat, lalu kaitkan dengan masalah yang ada. Dengan begitu orang bersedia mengeluarkan uang untukmu menyelesaikan sauta masalah dan kerjakan hal itu hingga sukses.

13. Orang Kaya Tidak Selalu Pintar

Salah bila menganggap orang kaya lebih pintar dari kebanyakan orang lain. Menurut Siebold, kebanyakan mereka tidak lebih bersinar dibanding kebanyakan orang lain.

Ingatkan anak, “Kamu tidak harus menjadi jenius, menjadi kaya butuh lebih sedikit intelektual, namun lebih butuh fokus pada cara-cara bagaimana menjadi kaya.”

14. Kaya Memberi Kebebasan

Lagi, kaya belum tentu memberi kebahagiaan. Siebold mengingatkan, namun kaya menawarkan kebebasan. Itu memberi kesempatan untuk hidup di mana saja yang seseorang mau, melakukan apapun yang dia mau, dan menjadi apa yang mereka inginkan.

Anak harus paham kalau kaya memberi kekuatan untuk membuat aturan sendiri, selama tidak melanggar aturan atau menyakiti orang lain.

“Mungkin kaya tidak membuatmu lebih kaya, tapi itu jelas memberi kebebasan yang kamu butuhkan,” tulis Siebold. semoga bermanfaat,baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button